Postingan

Menampilkan postingan dari Maret, 2015

agar bersyukur.

Gambar
Bismilllah

Bagaimana jadinya tiba-tiba Allah mengambil suara ku, tiba tiba bisu tidak bisa bicara padahal sekarang aku sudah diberi nikmat suara untuk berbicara,tak bisa untuk mengaji?tapi apakah yang telah aku ucapkan kebanyakan mengeluh dan  berbicara sesuatu yang menyibukan di dunia.
Bagaimana kalau tiba-tiba pendengaran aku diambil Allah? aku tak bisa mendengar suara adzan lagi aku tak bisa mendengar suara mereka yang mengaji. padahal aku tahu aku belum paham dengan tajuwid!dengan cara apa lagi aku belajar tajuwid kalau aku tidak menggunakan telinga.
Bagaimana kalau tiba-tiba Allah mengambil kedua mataku sehingga aku tak bisa melihat sama sekali. aku belum pernah menggunakan brille! tak bisa baca. bagaimana caranya aku menulis, jika mataku tidak bisa melihat?

وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا إِنَّ الْإِنْسَانَ لَظَلُومٌ كَفَّارٌ“Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (n…

senyum, apa artinya?

Gambar
ngapain senyum? kan ada tuh lagu, `dunia ini pagung sandiwara` apakah arti senyuman itu?

Allah Ta’ala berfirman, يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيراً مِّنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka (kecurigaan), karena sebagian dari prasangka itu dosa.(QS al-Hujuraat: 12)
senyum itu menandakan kalau kita itu ceria dan optimis. 

aku pernah tuh tetap aja biasa aja,walaupun dia senyum. karena gak dekat.

hadist Riwayat Muslim

لَا تَحْقِرَنَّ مِنَ الْمَعْرُوفِ شَيْئًا، وَلَوْ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ “Janganlah engkau remehkan suatu kebajikan sedikitpun, walaupun engkau bertemu dengan saudaramu dengan wajah yang ceria/bermanis muka
aku mau senyum terlebih dahulu,  tapi nanti gak dibalas, kan sakit?
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, إنَّكُمْ لَا تَسَعُونَ النَّاسَ بِأَمْوَالِكُمْ وَلَكِنْ لِيَسَعْهُمْ مِنْكُمْ بَسْطُ الْوَجْهِ وَحُسْنُ الْخُلُقِ “Sesungguhnya kalian tidak bisa menarik hati manusia dengan hart…

Tips usm stan

Bismillah
dalam rangka menepati janji, dan semoga pengalaman ini bermanfaat, whehe
awalkan degan niat yag baik. "ssungguhnya seluruh amal itu tergantung kepada niatnya, dan setiap orang akan mendapatkan sesuai niatnya" yah, semoga dengan niat yang baik selain bernilai ibadah juga pasti Alllah Ta'ala memudahkan usaha kita. InshaAllah.
Berdoa berdoa agar diberi kesempatan untuk melanjutkan pendidikan yang lebih baik, ditempat yang baik.  "mintalah kepadaKu, niscaya akan Aku kabulkan." (QS.Al-Mu'min : 60)
Belajar dengan latihan soal tahuntahun sebelumnya dan seringalah mengikuti tryout,supaya terlatih mengerjakan soal dengan cepat & tepat. kan biasanya usm stan akhir tuh, persiapan lah diri seawal mungkin. temen saya, saya anggap sahabat. namanya Latifa, dia pengen kuliah di stan sejak awal pakai putih abuabu( benerkan tif?) yah perjuangan patut ditiru sama kita-kita.  temen se kelas di stan.walaupun dia jurusan ipa di sekolah, dia juga belajar ekonomi.  yah belaj…

Takut bangun malam hari..

Gambar
Waduh masih tengah malem, takut. tidur lagi dehh..

ingat Allah Ta'ala; berfirman:




وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِي آدَمَ وَحَمَلْنَاهُمْ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَرَزَقْنَاهُم مِّنَ الطَّيِّبَاتِ وَفَضَّلْنَاهُمْ عَلَى كَثِيرٍ مِّمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيلاً “Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan , Kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.”(Al-Israa’ : 70)

Setan dan jin asalnya takut kepada manusia.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada Umar bin Al Khaththab, إِنِّي نَألَظُرُ إِلَى شَيَاطِينِ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ قَدْ فَرُّوا مِنْ عُمَرَ. قَالَتْ: فَرَجَعْتُ ‘Sungguh, aku benar-benar melihat setan dari kalangan jin dan manusia lari dari ‘Umar
والـذي نفسي بيده ما لقيك الشيطان سالكا فجّا إلا سلك فجا غير فجك “Demi yang jiwaku di tangan-Nya, tidaklah setan menjumpaimu ketika menempuh satu jalan, kecuali pasti mengambil …

menguatkan ingatan dengan berdzikir

sumber: https://bangaziem.wordpress.com/2010/11/22/doa-dan-zikir-penguat-ingatan/
http://belajar-barengan.blogspot.com/2013/01/umum-hubungan-dzikir-dan-long-term.html

Doa dan Zikir Penguat Ingatan ‘Belakangan ini, kok saya sering lupa ya?’. Itulah ungkapan yang sering kita dengar, atau bisa jadi juga kita alami sendiri. Ingatan yang buruk memang menjadi satu keluhan yang banyak menimpa orang. Hal itu terjadi bisa karena faktor usia, nutrisi, atau kesehatan otak. Ingatan yang baik adalah salah satu nikmat Allah swt. Siapapun orangnya, lebih-lebih para pencari ilmu, ingatan yang baik akan banyak membantunya dalam mendapatkan ilmu.
Sayyid Zain bin Ibrahim bin Sumaith dalam kitab Manhaj as-Sawi (cetakan Dar al-Fath, Oman, 2008), menuliskan beberapa doa dan zikir yang di-ijazah-kan oleh para ulama, masyayikh, dan orang-orang shalih, yang dapat diamalkan agar mudah mengingat ilmu. Untuk memenuhi permintaan para sahabat, saya akan sharing sebagian yang ditulis dalam kitab itu, dengan sedikit peru…

ukuran kebahagiaan

apa sih maksud bahagia?

apa kita merasa bahagian kalau orang sudah menganggap kita bahagia?
 Allah Subahanahu Wa Ta'ala telah mengingatkan وَإِن تُطِعْ أَكْثَرَ مَن فِي الأَرْضِ يُضِلُّوكَ عَن سَبِيلِ اللّهِ “Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah.” [Al-An’am: 116]
jadi yang dikatakan bahagia bagaimana? 
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, لَيْسَ الْغِنَى عَنْ كَثْرَةِ الْعَرَضِ ، وَلَكِنَّ الْغِنَى غِنَى النَّفْسِ “Yang namanya kaya (ghina’) bukanlah dengan banyaknya harta (atau banyaknya kemewahan dunia). Namun yang namanya ghina’ adalah hati yang selalu merasa cukup.
kebahagiaan hakiki dong, Cara menemukannya gimana?
Jawabannya adalah ilmu, doa dan bersungguh-sungguh. Allah Ta’ala berfirman, وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا “Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami” [Al-Ankabut:…

Baper (Bawa Perasaan)

kalau mengajak bicara entar dikira suka,menjauh, yah ga ada temen ._." yah nanti saya sama siapa yah?? hehehe
ingat ayat ini aja, biar tenang..

الْخَبِيثَاتُ لِلْخَبِيثِينَ وَالْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثَاتِ وَالطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِينَ وَالطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَاتِ “Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula).” [An-Nur: 26]
إِنَّ اللّهَ لاَ يُخْلِفُ الْمِيعَادَ “Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji.” [Ar-Ra’d: 31]

kenapa harus menulis??

Gambar
mungkin sebagian orang di karunikan orang mudah untuk menghafal. dan bagi saya  sulit untuk menghafal suatu ilmu. dan inilah obatnya.

 Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, قَيِّدُوا الْعِلْمَ بِالْكِتَابِ “Ikatlah ilmu dengan dengan menulis
Imam Syafi’I rahimahullah berkata, الْعِلْمُ صَيْدٌ وَالْكِتَابَةُ قَيْدُهُ قَيِّدْ صُيُوْدَكَ بِالْحِبَالِ الْوَاثِقَهْ فَمِنَ الْحَمَاقَةِ أَنْ تَصِيْدَ غَزَالَةً وَتَتْرُكَهَا بَيْنَ الْخَلاَئِقِ طَالِقَهْ Ilmu adalah buruan dan tulisan adalah ikatannya Ikatlah buruanmu dengan tali yang kuat Termasuk kebodohan kalau engkau memburu kijang Setelah itu kamu tinggalkan terlepas begitu saja
Asy-sya’bi rahimahullah berkata, إِذَا سَمِعْتَ شَيْئًا فَاكْتُبْهُ وَلَوْ فِي الْحَائِطِ  “Apabila engkau mendengar sesuatu ilmu, maka tulislah meskipun pada dinding”

sumber:muslimafiyah.com





kenapa berletih-letih mencari ilmu.

Gambar
untuk menjaga amanat Mamak dan Bapak
Allah Ta’ala berfirman, وَالَّذِينَ هُمْ لِأَمَانَاتِهِمْ وَعَهْدِهِمْ رَاعُونَ “Dan orang-orang yang memelihara amanah-amanah (yang dipikulnya) dan janjinya.” (Al-Mu’minun: 8)
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ لاَ تَخُونُواْ اللّهَ وَالرَّسُولَ وَتَخُونُواْ أَمَانَاتِكُمْ وَأَنتُمْ تَعْلَمُونَ “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanah-amanah yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.” (Al-Anfal : 27)

Napain sih tanya melulu ke guru,kan bisa baca sendiri? Malu ah tanya-tanya, entar dikira "masa' ga ngerti sih?" Lah, udah 2 jam gak paham" sama nih pelajaran. capek ah..


Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ Menuntut ilmu merupakan kewajiban atas setiap muslim


Yahya bin Abi Katsir rahimahullah, beliau berkata,
ولا يستطاع العلم براحة الجسد
“Ilmu tidak akan diperoleh dengan tubuh yang santai …

Am I plagmatis?

sumber: muslimafiyah.com

PLEGMATIS (Cinta Damai) Gambaran umum mengenai sifat dasar ini adalah mereka tak suka terjadi konflik, karena itu disuruh apa saja ia mau lakukan, meski ia tidak suka. Baginya kedamaian adalah segalanya. Jika timbul masalah ia akan berusaha mencari solusi yang damai tanpa timbul pertengkaran. Ia mau merugi sedikit atau rela sakit, asalkan masalahnya segera selesai. Kaum plegmatis kurang bersemangat, kurang teratur dan serba dingin, cenderung diam, kalem, dan kalau memecahkan masalah umumnya sangat menyenangkan. Dengan sabar ia mau jadi pendengar yang baik, tapi kalau disuruh untuk mengambil keputusan ia akan terus menunda-nunda. Kalau anda lihat tiba-tiba ada sekelompok orang berkerumun mengelilingi satu orang yang asyik bicara terus, maka pastilah para pendengar yang berkerumun itu orang-orang plegmatis. Sedang yang bicara tentu saja sanguinis. Berurusan dengan orang plegmatis bisa serba salah. Ibarat keledai, “kalau didorong ngambek, tapi kalau dibiarin tiak …