Postingan

Menampilkan postingan dari 2017

Seluncuran

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah atas nikmat islam, iman, kesehatan, dan waktu luang yang diberikan Allah.

Bertanya kepada diri ini, bagaimana engkau mengisi waktu pagi ini?
Waktumu engkau habiskan untuk apa pagi ini?
Sudahkah bermanfaat hidupmu?
Hidup ini memang bukan tentang diri sendiri.
---
Perkenalkan namanya Dafi, nama panjangnya Muhamad Akmal Qaddafi.
Sekarang berumur 3 tahun. Dafi punya adik namanya Chaliya berumur 1,5 tahun.
Pagi tadi, Aku mengajak mereka main ke TPQ dimana disana ada ayunan, seluncuran.
---
Ketika Dafi bermain seluncuran dan ingin meluncur sedangkan dibagian bawah seluncuran ada sang adik, Chaliya yang sedang duduk. Aku sedikit mengencangkan suara "Dafi adiknya". Dafi tetap meluncur lalu tersenyum karena berhasil mengerem badannya yang akhirnya tidak menubruk adiknya.
---
Dafi ingin meluncur dan tetap meluncur namun tidak mengabaikan keberadaan adiknya. :)
Hikmahnya adalah seorang anak kecil saja bisa untuk tidak egois dengan memperhatikan ad…

Sulap

Gambar
Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah atas nikmat iman, islam, dan kesehatan yang diberikan Allah.

Maaf sebelumnya, aku ingin bercerita tentang diriku,
Kata sahabatku, aku tuh orangnya suka bercita-cita dan fokus sama cita-citanya itu.

Setelah menonton vidio ust Nouman Ali Khan,
satu cita-cita yang ingin sekali aku kuasai yaitu mempelajari salah satu bahasa yang
"something higher than the sky".

Ibarat bermain sulap, saat aku ingin A, maka muncul A.
Kehidupan bukan seperti bermain sulap,"Jeng-jeng" sesuatu yang kita inginkan
muncul seketika tanpa proses :D

Bercita-cita dan berusahalah.
Semangat, senyum, pasti bisa.
"Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah"
(Al Imran:159)

Wassalamu'alaikum :)

Makna Bekerja Bagiku

Bismillahirrahmanirrahim

Pernah dengar salah satu kebaikan di dunia adalah mempunyai pekerjaan.
Alhamdulillah aku akan bekerja di kantor perbendaharaan negara.

Pasti ada sebagian orang berfikir jika bekerja mengurangi waktu ibadahnya.
Kita bareng-bareng memainset ulang pikiran kita tentang bekerja.

Bekerja merupakan ladang bagi kita untuk menjadi orang bermanfaat.
Tenaga kita, waktu kita, pikiran kita, kita gunakan untuk membantu negara.
Bukannya sebaik-baiknya orang adalah orang yang bermanfaat?
---
Tahu tidak, banyak orang dari pulau Jawa datang ke Sumatera untuk bekerja,
Banyak orang dari Indonesia ke luar negeri untuk menjadi pekerja?
Apa yang mereka harapkan dari bekerja, mereka ingin mencari pekerjaan yang penghasilannya
cukup untuk biaya sekolah anak-anaknya dan mensejahterakan keluarganya.
---
Allah punya caraNya sendiri agar kita bisa dekat dengan Nya.
Setiap orang berbeda-beda usahanya,
namun pada akhirnya tujuan kita sama, kembali pada Allah.
---
Kenali dirimu, terima keada…

Pesan Pak Ramli "Coach"

Pesan Pak Ramli kepada anaknya :

Gak usah juga lihat2 ke belakang, siapa yg masih tertinggal di belakang sana. Karena kesuksesan itu ada di tengah2, fokuslah dgn segala kekuatan yg ada pada dirimu nak,  teruslah pacu performa mesin talentamu.

Jangan berlebih2an, krn Allah tdk suka orang yg berlebih2an
Karena sukses tdk mengenal garis finish.

Beginilah hidup itu ya anakku Kadang kita berada di depan, Kadang kita berada di tengah, Kadang juga kita berada di belakang Teruslah bersabar Tetaplah berjalan pada jalan yg benar Karena sukses itu bukan tentang cepat2an

Sukses itu adalah saat engkau berjalan di jalan yg benar
Selalu tunduk pada Allah SWT
Dan terus berbuat baik pada seluruh manusia
Aba dan umimu cuma ingin kalian menjadi anak2 yg sholeh dan sholeha  bertaqwa kepada Allah SWT. Selalu sholat menyembah Allah SWT, Tuhan penguasa alam, setiap saat, dimana, kapan saja dan dalam kondisi apapun. Tolong dan berbuat baiklah kepada semua manusia, terutama org2 miskin dan anak2 yatim yg tak pernah…

Life Plan - 2020

Gambar
Bismillahirrahmanirrahim

Melalui pendidikan aku mengenal ALLAH, melalui STAN aku dekat dengan ALLAH.
Kepada Mamak, aku juga sudah janji untuk lanjut DIV PKN STAN.
Aku bertekad buat lanjut di DIV PKN STAN. Alasan lain ingin lanjut di DIV STAN karena mesjid di BPPK Purnawanman, nyaman sekali.

Bentuk USMnya seperti apa ya? sebelumnya sering-seringlah cek tanggal dan info, jangan lupa ngumpuli berkas-berkas terkait untuk pendaftaran.

1. Tahap I,
Ujian akuntansi terdiri dari akuntansi keuangan, akuntansi biaya, dan manajemen akuntansi.
Terdapat 100 soal PG, dengan waktu pengerjaan 90 menit. Kata kating, porsi akuntansi keuangan lebih banyak dari akuntansi biaya, dan manajemen akuntansi, dan audit. Ada soal teori dan hitungan, jadi kuasai teori dulu.
Pesan kating, saat dihadapkan soal, jangan terpaku dengan soal yang sulit, move on saja langsung ke soal-soal yang bisa kita kerjakan. Jujur soal materinya menurut kating lumayan susah, apalagi waktunya mepet dan hitung-hitungannya panjang, ja…

Tips dalam Berinteraksi

Gambar
Bismillahirrahmanirrahim
Tips dalam berinteraksi:
- Ingat dengan siapa bicara. Ya kali kalau sama embah-embah disamakan bicaranya dengan yang seumuran. Biasanya kalau embah-embah sukanya didenger, diperhatiin sama seperti anak kecil. Kalau temen seumuran, aku ga tahu. Aku masih kurang interaksinya sama temen seumuran. kasih tahu dong pembaca tips kalau berbicara denganmu(jika kamu yang baca tulisan ini seumuranku)! Dari pengalaman sih, jadi diri sendiri aja sudah cukup. Interaksi dengan teman seumuran berbeda dengan orang dewasa. Biasanya ya, orang dewasa itu sukanya dihargai atau disapa untuk menghormati mereka atas jabatan amanah yang mereka emban.
-Niatnya apa dalam berinteraksi. Supaya lebih kenal atau lebih dekat, supaya punya banyak teman, supaya paham arti perbedaan itu adalah mensyukuri.
-Jangan asal ngejawab, ingat dengan siapa berbicara. Yah kali semua disamain dengan ngejawab pertanyaan anak kecil. Kalau interaksi sama anak kecil itu yah buat mereka tersenyum aja, hati…

Organ Tubuh yang Harus Dijaga

Bismillahirrahmanirrahim 

Penyalahgunaan lisan seseorang, bisa menentukan dia masuk ke syurga atau ke neraka, disenangi orang atau dibenci orang. Hanya dari lisan saja. Kita lihat orang yang dicintai oranglain gara-gara lisannya.

Kalau ada orang secara fisik, kurang fisiknya. Tapi lisannya baik, lembut, santun. Kita tetap saja nyaman bergaul dengan dia. Kalau ada orang yang sempurna fisiknya, gagah, kaya, cantik, tapi lisannya tajam, setiap ketemu mencaci maki, setiap ketemu merendah, setiap ketemu kasar. Orang tidak bakal nyaman bertemu dengan dia.

Sabda nabi shaulallahua’laihi wassalam dari hadist bukhori tetang pentingnya masalah lisan nih, jangan sampai disalah gunakan. Beliau berkata kepada sabahatnya yang lain. Mu’az Ibn Jabal r.a, “ wahai Muaz aku mewasiatkanmu segala sesuatu yang bisa menyelamatkanmu di dunia dan di akhirat adalah islam. Masuk islamlah dan amalkan islam itu. Itu kunci keselamatan seseorang. “jangan meninggal dunia kecuali dalam keadaan islam”. Lalu kata nabi…

Being Adult

Gambar
Bismillahirrahmanirrahim 
Aku ingin bercerita. Kalau aku ingin menjadi dewasa. Dewasa menurut ALLAH.
Jadi aku harus memberikan hak-hak yang seharusnya terpenuhi. Hak ALLAH yang harus ditauhidkan. Hak orangtua yang harus didengar, dimengerti, dan berbarengan berhijrah. Hak saudara yang harus dibantu. Hak anak yatim dan fakir miskin yang harus disantuni. Hak teman untuk menerima manfaat dari diri ini. Hak negara untuk mendapatkan profesionalitas dalam berkerja. (no baper, keep optimis) muslimah mesti amanah. Hak rekan kerja untuk rasa dihargai keberadaan mereka. Hak suami nantinya yang harus dipatuhi (jika sesuai syariat) Hak anak nantinya yang harus diberikan perhatian lebih berdasarkan ilmu dan hak anak untuk diajarkan mengenal ALLAH.
Alhamdulillah aku sadar, bahwa aku harus dewasa sekarang. Tidak boleh memikirkan diri sendiri. Kunci dewasa adalah kemauan untuk dewasa dan kesabaran.

Lakukan sebagai amal bukan untuk apresiasi. Karena hari perhitungan amal sudah semakin dekat.
sumber gambar: NAK Colle…

Perkara Jodoh

Gambar
Bismillahirrahmanirrahim     
Perhatikan langit, coba perhatikan.    Sekarang Siang atau malam? Matahari atau bulan yang muncul?
Perhatikan nyamuk, coba perhatikan. Nyamuk dapat berkembang biak dengan sesama nyamuk, kan? Begitu juga dengan hewan-hewan yang lain.
Apa hikmahnya? Semua ciptaan ALLAH sudah ada pasangannya. Tak boleh risau.
Doaku, semoga temen-temen yang ingin segera menikah, disegerakan menikah. Semoga pasangannya seseorang yang sesuai harapan, yang bisa membantu dalam ketaatan kepada ALLAH, aamiin.
Kebaikan dalam tulisan ini sesungguhnya datangnya dari ALLAH yang Maha Pemurah. Semoga kita selalu dalam petunjuk ALLAH. aamiin aamiin
Wassalamua’alaikum.

Believe in ALLAH, It's Enough.

Bismillahirrahmanirrahim
Alhamdullilah atas nikmat iman kepada ALLAH Yang Maha Penyatun dan Yang Maha Penyayang, yang tidak meninggalkan hamba-hambaNya.
Terdapat hubungan antara iman dan ketenangan batin (jadi kalau ada orang yang menyatakan bila seseorang itu terlihat baik secara zahir, tapi dia tidak tenang karena memang karakter di dalam dirinya adalah pernyataan yang salah).
ALLAH berfirman dalam surah Al-An’am (surah ke-6 ayat 28): Alladzina aamanuu walam yalbisuuuuuu iimaanahummm bizulmin uulaaaaika lahumul amnu wahumm muhtadun. Orang-orang yang beriman yang tidak mencampurkan iman mereka dengan syirik/dzalim mereka itulah orang-orang yang mendapat rasa aman dan mereka mendapat petunjuk.
Aku  yang mengaku beriman kepada ALLAH harus sudah berkomitmen untuk “believe in ALLAH”, tidak perlu ada rasa cemas, khawatir, takut kepada selain ALLAH.
Ayat ini turun menceritakan tetang Nabi Ibrahim yang tidak takut dengan kaumNya yang berbuat syirik.
Nasehat buat diri ini, jangan takut, kita takut …

AHSAN

Bismilahirrahmanirrahim
Ahsan adalah lebih baik, ALLAH tidak meminta yang terbaik.
Ahsanu amala, sebenernya ALLAH bukan pengen kita menjadi yang terbaik, ALLAH pengen kita melakukan amalan yang lebih baik dari yang kita telah lakukan.
Wassalamu’alaikum

Untukmu, Kawan.

Bismillahirrahmanirrahim
Dirimu merasa tak mampu, kawan? Jangan merasa begitu. Dirimu sebenarnya telah menang Karena engkau sedang berusaha.
Aku tahu ini tidak mudah, kawan. Tapi coba bayangkan jika engkau telah menguasainya, engkau membacanya, engkau mengulanginya, semakin dalam menancap dihati.
Jangan merasa tertekan, kawan. Kesulitan ini membuatmu sadar bahwa dirimu lemah dan rendah, Lemah dan rendah dihadapan ALLAH. Bahwa sesungguhnya ALLAH yang memberi kemudahan itu.
Semangat, kawan. Waktu tak pernah berhenti. Satu jam sekarang tidak sama dengan satu jam yang lalu.
Semangat, kawan. Jangan menunda. Tolong jangan menunda lagi. Jangan biarkan syetan senang mempermainkan dirimu karena penundaanmu.
Kawan, jika hari ini engkau belum bisa berbagi. Tapi, jangan pernah rendah harga dirimu dihadapan manusia. Pesanku, jangan biarkan dirimu menjauh dari Rabbmu. Biarkan Rabbmu membimbingmu.
Oiya, kawan. Jaga niat baikmu. tindakan yang kau lakukan untuk memperbanyak amal. Panennya bukan di dunia ini, tapi di akhirat.

Al Quran, dapat apa?

Bismillahirrahmanirrahim

Al-Quran, kenapa baru tahu jika Al-Quran itu sesuatu yang keren bangettt.

ALLAH menyempurnakan nikmat ALLAH berupa Al-Quran.

Subhanallah, kalau kita mau memikirkannya(ini menurut saya ya) firman ALLAH turun karena suatu peristiwa. Kenapa ada peristiwa itu dan firman itu turun? Itu sebagai pelajaran bagi kita, iya untuk kita umat muslim yang pedomannya kitab Al-Quran. Jadi ALLAH dulunya buat suatu peristiwa, peristiwa yang besar itu yah untuk kita semua, agar kita mau mengambil pelajaran.

Huruf-huruf Al-Quran itu mukjizat, subhanallah. Dari zaman Rasul hingga sekarang, isi Al-Quran tetap sama, tidak ada yang berubah. Pembacaan Al-Quran di negara manapun sama, subhanallah.

Kalau kita tahu bacaan Al-Quran kita jadi mengingat ALLAH. ALLAH juga sudah berkata dalam Al-Quran, bahwa ALLAH memudahkan Al-Quran untuk kita.

Wassalamu'alaikum.

Al Quran tidak membuatmu bengkok

Assalamu’alaikum
Bismillahirrahmanirrahim
Nama saya Devi Suhaila
Ketika sekolah dasar, pengetahuan agama saya sekedar mengaji Al-Quran yang tujuannya supaya khatam (Astaghfirullah). Mengaji di Madrasah dekat rumah tapi saya tidak tahu kenapa saya harus ngaji juga di Madrasah, mungkin manfaatnya adalah waktu saya tidak saya habiskan dengan menonton TV di rumah dan saya bisa hafal setengah dari do’a shalat jenazah.
Ketika SMP, zaman itu adalah zaman HP, zaman FB, zaman suka lawan jenis, zaman sinetron. Waktuku banyak terbuang percuma di hal-hal itu (Astaghfirullah). Pengetahuan agamaku adalah bahwa agama itu adalah sholat dan perbuatan mana yang dikatakan berdosa atau tidak.
Ketika SMA, ini masa dimana aku melawan keras orangtua (Astaghfirullah) begitu tidak bersyukur kepada orangtua. Pengetahuan agama, aku dapat dari mentoring dan aku sudah tidak mengaji Al Quran lagi karena sudah khatam (Astaghfirullah), aku sempat menangis karena pengen ikut mengaji, tapi setiap orangtua pasti punya kei…

Syukuri saja.

Bismillahirrahmanirrahim
Allah mengatakan dalam surah Ibrahim ayat 7 “Sesungguhnya, jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah nikmat kepadamu”.
Sore tadi Mamak calling me hehe  “ ....... Mba harus bersyukur, apapun bersyukur, sebab kalau tidak bersyukur uang segunungpun masih kurang....” “Mamak orangnya ga pinter, tapi kalau berkerja memberikan yang terbaik dari diri Mamak” “Jangan pernah meminta ke orang lain” “Pembicaraan ditutup dengan, sudah dulu ya Mba, Bapak sudah pulang.”
Mamak menunjukkan rasa syukurnya bukan hanya dengan berkata Alhamdulillah. Mamak bersyukur dengan cara melakukan yang terbaik, memberikan yang terbaik dari diri Mamak karena dulu aku dengar Mamak sering tidur tengah malam mungkin lewat jam 12 mengkoreksi tugas murid  atau kerjain kerjaan sekolah, Mamak juga seseorang tetap tersenyum ke semua orang, memperlakukan semua orang sama, meski mereka tukang bersih-bersih, guru, wali murid, tukang becak, maupun kepada kepala yayasan, aku lihat Mamak memperlakukan semua…

Mencintai dan Menyayangi

Bismillahirrahmanirrahim
Dapatkah aku memberi rasa kasih sayang dan cinta diriku kepada Allah, kepada semua manusia, termasuk manusia yang tidak menyukaiku?
Di hidup ini kita harus mencintai dan menyayangi semua makhluk. Karena kita manusia, bukan syetan menyimpan rasa dendam. Menghilangkan rasa egois itu butuh proses, kita usaha untuk memberikan rasa cinta dan sayang ke manusia itu dengan  memberikan segalagalanya. Karena cinta dan sayang adalah segalagalanya. Minta ke Allah dengan dzikir dan doa, inysaAllah sifat egois yang ada di dalam hati akan dihilangkan Allah.
Jangan pernah ada rasa dendam, karena itu sifatnya setan. Doakan mereka yang menyakiti “Yaa Allah semoga dia masuk syurga”. Dzikir selalu dzikir ke Allah, alam ini juga menyambut dzikirmu, pohon-pohon menyambut dzikirmu,udara menyambut dzikirmu. Allah akan senang kepada orang yang berdzikir.
Apakah mereka yang kaya bahagia? belum tentu. Mereka tidak tenang. Mencari ketenangan, ketenangan itu ada didalam hati.
Dalam hal ekonom…

Amazed Quran from TKD test

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah alhamdulillah,
this word can drop your tear, when Quran said is true.
“The truth has come” 
Allah said that “Allah doesn’t take take a soul beyond its scope” (Al Baqarah; 286)
Then we think “ How Allah do that?, because of His Wise” :’) 
Alhamdullilah alhamdullilah I passed the TKD test.
Deg deg deg, I think, its the most horrible test I had followed.
Remember it, Rahmat Allah comes before takdir. Keep doa' to Him and belived what quran said.

Khawatir

Bismillahirrahmanirrahim Aku ingin memberikan pendapat tetang perasaan khawatir. Allah telah mengatakan bahwa“Allah tidak ingin kesukaran untukmu, Allah meninginkan kemudahan bagimu” TKD, iya bentar lagi ujian TKD insyaAllah. Pasti ada kekhawatiran dalam diri seperti “bisakah aku mengerjakan soalnya, apakah soal yang muncul ternyata belum pernah aku pelajari atau sudah aku pelajari namun belum aku ulang?” Sekarang aku tidak ngekos, aku di rumah sepupu. Belajar kurang intens, ini juga kekhawatiranku. Alhamdullilah setelah dipikir2, apakah aku lulus STAN dulu karena persiapan ku atau memang kehendak Allah. dulu aku pernah mencoba resep tawakal (saat tingkat akhir) dengan mengurangi waktu belajarku yang intens,tapi nilainya tidak baik. Aku juga pernah coba resep tawakal (saat tingkat 2), dengan belajar giat, dan ibadah juga, alhamdullilah ipk aku naik. Allah berkata bahwa “kemudian, apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakalah kepada Allah”. Allah ga bilang apabila kamu telah berusah…

Jangan berdoa dengan ragu-ragu

Bismillahirrahmanirrahim



Yaa Allah, ada satu permintaan yang aku ingin sekali Engkau mengabulkannya.

Yaa Allah :(

Hamba mohon ridhoin dan kabulkan Yaa Rabb.
aamiin



Inni Qoriib, Allah itu dekat.

Maafkan aku

Bismillahirrahmanirrahim

     Aku mau minta maaf sama semua orang,
Semua orang yang sering berada didekatku.
Aku mungkin orangnya kadang mengesalkan,
Karena bersikap manja.
    Tapi, ini membuat aku tidak terlalu menjadi anak yang pendiam seperti dulu.
Iya 2 tahun yang lalu, sebelum seperti sekarang.
Dulu, 2 tahun yang lalu saat aku baru pertama sekali berada di STAN.
Aku memilih menarik diri dari teman2 kelas.
Alasannya? karena mereka lebih baik dari aku.
     Sekarang, aku berada dilingkungan yang mereka menerimaku,
menerima sikapku yang kadang manja.
Iya, aku dibesarkan dengan lingkungan yang memanjakan tapi bukan dalam hal materi,
Tapi kasih sayang kedua orangtua, saudara, dan sepupuku.
     Mamak seorang guru TK swasta yang sekarang sudah jadi kepala sekolah,
Bapak seorang supir pribadi pemilik TK swasta itu.
Aku sayang mereka.
      Bapak pernah bilang, “aku ga pengen anakku kurang kasih sayang” itu aja.
Sampai aku umur 20 tahun, aku mamak,bapak masih boncengan bertiga naik sepeda motor.
       A…

Tulisan yang Bermanfaat :)

Bismillahirrahmanirrahim

Segala puji hanya untuk Allah, pencipta langit dan bumi. Yang Maha Mengetahui isi hati setiap manusia.

Selawat kita berikan kepada Nabi Muhammad Shaulallahu’alaihiwasallah (Allahummasholi wassalim bawarik a’alayhi) seseorang yang paling terpuji akhlaknya, teladan bagi umatnya.

Heal fire adalah neraka.

Neraka adalah sebuah tempat dimana bentuknya pasti hitam, panas, bau, pengap, dan menjijikan.

Allah Maha Tahu segala isi hati. Walaupun penampilan kita terlihat baik, aurat sudah dijaga, hubungan dengan orangtua, keluarga, teman baik-baik saja, shalat terjaga, wudhu terjaga, apakah yakin Allah telah senang dengan kita, apakah sudah pasti Allah sudah selamatkan kita di neraka?

Allah Maha Mengetahui Segala isi hati. Keyakinan kita akan pertolongan Allah itu ada, keyakinan kita bahwa segala tempat bergantung hanya Allah, keyakinan kita bahwa Allah tidak menyiakan amal hambaNya yang Ikhlas, keyakinan bahwa Allah tidak menyiakan usaha hambanNya yang berniat karena A…

Menahan Hati

Bismillahirrahmanirrahim
Jasad akan termakan oleh tanah, akal akan hilang bersama ruang dan waktu, sedangkan hati kembali pada Allah

Maka lakukan ini agar kita kembali pada ALLAH dengan sebaik-baiknya hati:

"Sanggup menahan hati ketika sangat berkehendak,

Sanggup menahan hati ketika sangat enggan,

Sanggup menahan hati ketika sangat ingin,

Sanggup menahan hati ketika sangat marah ".



Aku Bahagia (part 1)

Gambar
Bismillahirrahmanirrahim.



Mereka menerima aku adalah sesuatu yang membahagiaku. Tanpa harus aku merubah diriku.

Mereka teman yang berani memberikan saran, nasehat, dan kritik yang membangun ke aku.

alhamdullilah aku bersyukur tak terhingga.

Secara personal mereka adalah orang-orang yang amat berpendirian, yang mandiri, dan percaya akan keyakinan diri, dan menyukai deadline hehe


Bintaro, 09/06/2017

Aku Kembali

Bismillahirrahmanirrahim
Terima kasihku kepada temenku yang berusaha memahamkanku tetang makrifat.

Sesuatu yang menurutku sudah tidak baik, Maka akan aku tinggalkan segera. Seperti berita yang sering tersiar, yang aku tangkap hanyalah keberpihakan kepada satu pihak. Lalu aku lari dari berita negeriku, tak peduli.
Namun, hari ini... Aku merasakan hal baru. Aku memberanikan diri membaca berita, memberanikan diri untuk bertabayun. Ya.. aku bahagia :) aku bisa tahu kondisi negeri, kondisi dunia juga.   Meskipun belum paham betul.
Aku, kamu, kita adalah pemuda bangsa. Kontribusi apa yang kau inginkan untuk negeri ini? Aku  suka membaca, dan menulis. Maka aku melanjutkan hobiku itu, istiqomah. InsyaAllah.
Aku belajar kembali membaca yang benar, menulis yang benar. Dan aku belajar objektif dengan bertabayun. Untuk negeriku, dan untuk orangtuaku yang mengharapkan kelak anaknya menjadi orang yang bermanfaat.
Aku tetap ingin menjadi anak yang dibanggakan kedua orangtua Sampai kapan pun.. 
Bintaro, 09/06/2017

Jatuh Cinta

Cinta, kamu tahu apa arti cinta?
Kamu pernah jatuh cinta?
Kamu jatuh cinta karena apa?
Aku ingin jatuh cinta karena hatinya.
Tapi hati tidak bisa dilihat.
Lantas bagaimana aku memilih?

Allah, Yaa Rabbi.
Aku meminta satu laki-laki yang bersih hati dan pikirannya.
Dia yang sholeh, yang paling menjaga kehormatannya.
Mudah bagi Mu untuk memberikan satu seperti itu.

Yaa Allah, hamba sedih,
Kenapa Engkau sering ditiadakan.
Dan Engkau bener-bener diingat dikala susah.
Yaa Allah, hamba malu karena yang hamba tulis diatas itu hamba :(

Yaa Rabb, jika niat ini melenceng segera ingatkan hamba.
Hamba mohon semohon-mohonnya Yaa Rabb.
Karena hamba hanya manusia pelupa yang ingat bilamana Engkau ingatkan.


Aamiin...
Bintaro, 7 Juni 2017

Sayangnya ALLah

Bismillahirrahmanirrahim

Dia bukanlah anak pembantah, namun agak keras kepala, dan ingin menang sendiri. Begitulah orangtuanya menilainya. Sungguh pendiam dan pemalu anaknya. Tak banyak yang tahu apa mimpinya. Kala itu setelah lulus SMA, Ia belum juga berjilbab kalau keluar rumah dimalam hari. Namun suatu hari ia katakan keteman kosnya.  “besok malem kalau keluar kos, aku mau pakai jilbab”. Hidayah Allah tidak sampai situ saja. Suatu malam dia bermimpi melihat awan bertuliskan  lafahz Allah. Didalam mimpi itu dia bertanya apa artinya? Seseorang yang dia kenal menjawabnya “artinya kalau ada adzan langsung sholat, begitu tegasnya”. Dia bangun, lalu menelepon orangtuanya dan menangis ketakutan. Sejak itu dia berusaha untuk sholat awal waktu. -------------------------------------------------------------------------------------------------------- Dia ingin sekali melanjutkan pendidikan ditempat yang “keren menurutnya”, tapi dia tahu kemampuannya, dia ga bisa memaksa Allah. Jadi dia mengganti doa,…

Paham

Bismillahirrahmanirrahim…
Aku manusia akhir zaman.. Yang merasa tidak nyaman jika tidak ada paket. Astaghfirullah.
Aku bosan, aku futur. Tapi aku tahu, Dia Maha Penyayang akan merasa kecewa kepadaku. Jika aku turuti rasa bosan dan futur itu.
Aku bukan orang yang semangat selalu, Tapi aku ingin menjadi orang yang lebih baik. Aku bukan orang yang ikhlas dalam berbuat, Tapi percayalah hati kecil ini menginginkan adanya keikhlasan dihati.
 Aku punya mimpi, Pasti aku punya. Mimpiku... “orang yang paham ilmu” Berbeda antara mereka yang tahu, dan paham. Hamba pengen yaa Rabb menjadi bagian dari bagian orang-orang yang Engkau beri pemahaman yang benar.
Dengan ilmu, amal yang kita lakukan lebih bernilai kan disisi Allah. Dengan ilmu juga membuat kita lebih mengenal Allah, yang jaraknya dekat dengan kita.

Kamu ga pengen kaya harta? Bukan ga pengen, tapi kekayaan harta itu akan mengikuti.
Aku yakin.

The Reason for Hijrah

Buat engkau yang berhijrah karena ingin mendapatkan lelaki atau wanita yang soleh soleha.
Bersama dengan orang shalih/saliha  Memang perintah Allah Memang suatu keharusan
Tapi meletakkan harapan atau menggantungkan kebaikan diri padanya pada sosok itu adalah kesalahan dan kekecewaan…
seperti ini misalnya “saya ingin menikah dengannya… Alasannya karena “kita nanti bisa sholat bareng, tadarus bareng, pergi kajian bareng.”
Jika  ternyata harapan itu terwujud, alhamdullilah.. bagaimana kalau harapan itu hanya harapan?
Maka gantungkan harapan Dan segala niat untuk menjadi baik Hanya padaNya Hanya padaNya…

Ust. Salim A F (dengan penyesuaian pemahaman saya hehe)




Control yourself

Bismillahirrahmanirrahim...

Untukku sebagai muslimah.
Muslimah harus berani,
Muslimah tidak boleh cengeng,
Muslimah harus semangat,
Muslimah tidak boleh bermalas-malasan,
Muslimah harus cerdas.

Untukku yang sedang dalam pendidikan.
Intinya pendidikan itu membuat kita bisa berteman dengan siapa saja,
Kalau kita paham, kita mengerti apa yang sedang dibicarakan suatu kelompok, menambah pengalaman, menambah pengetahuan.
Menambah saudara, menambah tempat saling berbagi.

Mamakku Sayang,
Aku biasanya suka menyalahkan diri sendiri. Tapi mamak selalu bilang “Mamak tahu gimana emba”.

Bapakku Sayang,
Orang yang paling bahagia kalau aku sedang belajar.

kita samasama sedang berhijrah dengan berharap hanya kepada Allah semata.

Mamak belajar bersabar dengan memiliki anak dan suami seperti kami.
Bapak belajar bersyukur atas hikmah dari kejadian dan kejadian yang sudah terjadi.
Dan aku belajar untuk tenang dan sungguh-sungguh dalam menjalani hidup didunia.


Ukhti, apakah engkau mengingginkan kebahagiaan?

Segala puji bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala, dan cukuplah pujian itu diperuntukkan kepadaNya. Shalawat dan salam semoga selalu tercurahkan atas para hambaNya yang terpilih…amma ba’du: Saudariku Muslimah, Apakah engkau menginginkan kebahagian? Apakah engkau menginginkan ketenangan? Apakah engkau menginginkan keamanan dan kemapanan? Apakah engkau menginginkan hal itu semuanya di dunia dan di akhirat? Sesungguhnya kebahagian itu wahai saudariku Muslimah, semuanya ada dalam ketaatan kepada Allah. Kebahagian seluruhnya ada di dalam meniti di atas manhaj Allah dan di jalan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam , Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: “Dan barangsiapa menta’ati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.” (Al-Ahzab: 71) Sesungguhnya kesengsaraan (kemalangan) seluruhnya ada dalam kemaksiatan kepada Allah dan kebinasaan seluruhnya ada pada selain manhaj (jalan) Allah dan RasulNya Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfi…